MOSA-BN – Pestisida Organik Sahabat Pertanian

MOSA BN / TOP-BN merupakan pestisida organik yang berbahan aktif jamur Beauveria bassiana, & Noumeria rileyi yang bersifat toksin pada hama serangga tertentu. Bahan aktif MOSA BN, yakni jamur Beauveria bassiana, & Noumeria rileyi di alam merupakan musuh alami bagi banyak serangga hama seperti; wereng, walang sangit, penggerek batang, ulat plutela dan lain-lain.

Jamur Beauveria bassiana, & Noumeria rileyi dikembangbiakkan dalam isolat murni dan diformulasikan dengan bahan pembawa berupa mineral tertentu agar mudah diaplikasikan di lahan.

Bahan aktif MOSA BN mampu menginfeksi bagian tubuh serangga serangga hama sasaran. Serangga hama yang terkena akan berangsur sakit/ tidak mau makan dan mati berjamur. Sedangkan telur & larva akan hancur karena terinfeksi.


MOSA BN mengandung 2 bahan aktif dari jamur / cendawan ;

  • Beauveria bassiana.
  • Nomuraea rileyi

Bahan aktif ini diformulasi dan didormansikan dalam bahan pembawa yang akan memudahkan untuk aplikasi di lapangan. Bahan pembawa ini merupakan bio-polimer yang lembut sehingga akan memudahkan untuk dicampur/dilarutkan dalam air untuk aplikasi penyemprotan.

Beauveria bassiana 

Bahan aktif Beauveria bassiana  mampu menginfeksi tubuh hama tanaman jenis serangga dimulai dengan jalan masuk ke tubuh serangga inang melalui kulit, saluran pencernaan, spirakel dan lubang lainnya. Pada proses selanjutnya, jamur akan bereproduksi di dalam tubuh inang. Jamur akan berkembang dalam tubuh inang
dan menyerang seluruh jaringan tubuh, Pestisida organik, Serbuk, Netto: 100 gr, Kebutuhan: 1 sachet per 1.000 m2
Petunjuk aplikasi tertera pada label kemasan sehingga serangga akan mati dalam hitungan hari.

Nomuraea rileyi 

Bahan aktif Nomuraea rileyi  ini sangat efektif terhadap larvalarva Lepidoptera. Larva yang terinfeksi Nomuraea rileyi sp akan menunjukkan gejala terselimuti/berbercak atau pengerasan yang diikuti dengan bertumbuhnya miselium pada seluruh permukaan tubuhnya. Infeksi pada serangga diawali dengan menempelnya konidia pada kulit, kemudian diikuti dengan masa perkecambahan, dalam waktu ± 24 jam. Kematian pada larva biasanya terjadi sekitar 5-7 hari setelah terinfeksi.

Keunggulan MOSA BN sebagai pengendali jamur musuh alami bagi serangga hama adalah :

  1. Beauveria bassiana & Nomuraea rileyi bersifat dinamis sehingga dapat bereaksi sesuai dengan habitatnya.
  2. Sebagai saprofit yang cepat tumbuh keberadaan Trichoderma sp. dan Gliocladium sp.mampu berkompetisi dengan mikroorganisme lain.
  3. Trichoderma sp. dan Gliocladium sp.mampu menyerang pathogen yang sebelumnya menguasai suatu habitat.

MOSA BN / TOP- BN mampu mengendalikan hama;

– ulat kubis (Plutella xylostella), ulat grayak (Spodoptera litura),

– wereng coklat, walang sangit, penggerek batang padi (Tryporyza),

– Penggerek buah kopi (Hypothenemus hampei), Pencucuk buah kakao (Helopeltis)

– Ulat api/ulat kantong pada sawit.

Jenis : Agens Hayati, Serbuk

Kemasan : Sachet

Isi : 100 gr


Hits: 191