MMC MINA – ” Suplemen Kolam dan Tambak”

MMC MINA  merupakan produck yang terbuat dari bahan bahan alami dan  diformulasikan khusus untuk budidaya ikan/udang. Nutrisi yang terkandung di  MMC MINA  siap diserap oleh phitoplankton juga dilengkapi dengan probiotik yang berfungsi untuk menetralisir racun dan merombak bahan-bahan organik yang tertumpuk di kolam sebagai akibat pakan yang berlebihan dan kotoran ikan/udang.

Salah satu kunci keberhasilan dari budidaya ikan/udang adalah pada masalah kualitas air, ketika kualitas air merosot maka kondisi ikan/udang akan terganggu dan bibit penyakitpun akan berkembang. MMC MINA akan memperbaiki kualitas air baik  fisik (viskositas, kecerahan dll),  biologis (mikrobia yang menguntungkan)  maupun kimia ( mineral, asam humat/fulvat dll). Penggunaan MMC MINA secara teratur dan tepat  akan meningkatkan dan menjaga kualitas air budidaya sehingga keberhasilan panen akan diperoleh dengan hasil yang memuaskan.


Manfaat MMC MINA

  • Merangsang pertumbuhan phytoplankton maupun zooplankton dan hewan renik lainnya sebagai bakan alami
  • Meningkatkan kualitas air
  • Mengurangi dan menguraikan bahan racun yang terkandung dalam air
  • Meningkatkan daya tahan ikan /udang terhadap serangan penyakit
  • Tidak berbahaya untuk manusia maupun hewan piaraan
  • Mudah aplikasinya
  • Meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil panen ikan/udang

KANDUNGAN VITTO TERNA– G :

  • Asam Humat Fulvat
  • Asam-asam Amino
  • Plankton
  • mikrobia probiotik
  • dll
 
Menumbuhkan Pakan Alami Ikan
 
MMC Mina dapat memacu dan menumbuhkan Plankton. Pada ekosistem perairan Fitoplankton berperan sebagai produsen utama pemasok makanan untuk zooplankton, namun juga dapat dimakan langsung oleh ikan dan Mollusca serta Bivalvia lainnya. Fitoplanklon juga merupakan makanan pada fase benih dari berbagai organisme perairan seperti benih ikan dan udang.
 
Organisme ini dapat digunakan sebagai pakan alami ikan dan merupakan jenis yang  tidak membahayakan bagi
kehidupan larva maupun ikan yang dipelihara, tidak memcemari lingkungan, tidak mengandung racun maupun logam berat, dan tidak berperan sebagai inang suatu organisme patogen maupun parasit. Organisme yang digunakan sebagai pakan alami ini juga dimakan oleh larva yang dipelihara, mudah dilihat oleh larva karena gerakan atau warnanya gerakannya.
 
Kompetisi untuk memperoleh makanan dan memproduksi zat antimikroba.
 
Mikrobia dalam MMC-MINA menghambat organisme patogen dengan cara berkompetisi untuk mendapatkan sejumlah substrat bahan makanan untuk difermentasi. Substrat makanan tersebut diperlukan agar mikrobia probiotik ini dapat berkembang dengan baik. Substrat bahan makanan yang mendukung perkembangan mikroba probiotik dalam ekosistem kolam .
 
Mengurai amoniak dan zat-zat berbahaya

Mikroba yang terkandung dalam MMC-MINA dapat berupa filter biologis. Filter biologis ini berfungsi karena adanya mikroba yang berperan merombak senyawa amonia menjadi nitrit dan nitrat yang relatif aman bagi ikan.  Nitrosomonas adalah bakter yang memiliki kemampuan untuk merombak senyawa amonia menjadi senyawa nitrit; sedangkan Nitrobacter memiliki kemampuan merombak nitrit menjadi nitrat.   Senyawa nitrat yang terbentuk akan dimanfaatkan oleh tumbuhan (pakan alami) untuk tumbuh dan berkembang,  sehingga dapat menyediakan pakan alami bagi ikan.

  • Berikan 1 botol tiap 25 – 50 m2 pada permulaan pengisian air kolam pertama, biarkan minimal selama 2 hari (untuk tambak 10-20 botol per Ha), larutkan dahulu dengan air secukupnya, kemudian tebar secara merata
  • Untuk perawatan, berikan 10-20 cc (1-2 tutup botol) MMC MINA untuk tiap 10 m2 yang dilarutkan dahulu dalam air secukupnya dan tebarkan secara merata pada kolam
  • Berikan minimal 2 minggu sekali dengan dosis yang sama
  • Untuk budidaya intensif jika terjadi hujan atau mendung secara terus menerus, pada saat cuaca cerah berikan MMC MINA lebih sering untuk menghindarai kematian Plankton yang berlebihan

Jenis : Suplemen Kolam, Penumbuh Plankton, Cair

Kemasan : Botol

Isi : 500 ml


Hits: 104